Senin, 02 November 2009

CONTOH ABSTRAK

ABSTRAK

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE KARYA WIASATA
DALAM PEMELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI
DI KELAS X SMA NEGERI 2 TIGARAKSA
TAHUN PEMELAJARAN 2007/2008


Oleh
MASRONI
030279

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih kurangnya kemampuan siswa menulis karangan. Kekurangmampuan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain penggunaan metode yang tidak bervariasi dan pemelajaran yang lebih ditekankan pada aspek teoretis.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode karya wisata dalam pemelajaran menulis karangan deskripsi di kelas X SMA Negeri 2 Tigaraksa tahun pemelajaran 2007/2008.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan bentuk one-grup prettest-posttest design, yaitu penelitian yang menggunakan satu kelas eksperimen dan melakukan pretes dan postes. Dalam rancangan ini, efek atau pengaruh suatu perlakuan diputuskan berdasarkan perbedaan nilai rata-rata pretes dan nilai rata-rata postes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Tigaraksa tahun pemeljaran 2007/2008.

Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah (1) teknik studi pustaka, yaitu pemanfaatan pelbagai sumber yang dianggap relevan dengan masalah penelitian. (2) teknik tes, yaitu menulis karangan. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis data , yaitu dengan menggunakan rumus uji t.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa metode karya wisata efektif digunakan dalam pemelajaran menulis karangan deskrifsi di kelas X SMA Negeri 2 Tigaraksa tahun pemelajaran 2007/2008. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata pretes dan postes. Adapun nilai rata-rata postes adalah 68,24 dan nilai rata-rata pretes adalah 60,27 dengan nilai perbedaan pretes dan postes adalah 7,79.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus t, diperoleh t hitung adalah 4,29 sedangkan t tabel dengan taraf signifikasi 5% (ts+0,05) dan taraf kepercayaan 95% dengan d.b=36 adalah 1,684. Jadi, t table (>) t hitung. Dengan demikian, perbedaan prites dan postes signifikan. Berdasarkan perhitungan tersebut, hipotesis kerja atau alternative (Ha) yang dirumuskan, yaitu “Metode karya wisata efektif digunakan dalam pemelajaran menulis karangan deskripsi di kelas X SMA Negeri 2 Tigaraksa tahun pemelajaran 2007/2008” terbukti. Artinya, metode karya wisata efektif digunakan dalam pemelajaran menulis karangan deskripsi di kelas X SMA Negeri 2 Tigaraksa tahun pemelajaran 2007/2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar